Latest Post

[Berita]Modus Jadi Kurir, Pria di Cilincing Todong Penghuni Rumah Kakak Ipar [Berita]Nancy Momoland Viral, Video Tanpa Busana Bocor

TAIPEI, creacorridor.com – Militer Taiwan, Jumat (5/8/2022), mengerahkan jet-jet tempur untuk memperingatkan pesawat militer China yang melintasi garis tengah Selat Taiwan, membatasi kedua wilayah.

Selain itu angkatan bersenjata Taiwan juga mengirim kapal perang serta menyiagakan sistem rudal pertahanan untuk memantau pergerakan armada tempur China.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyatakan beberapa kapal dan pesawat militer China melintasi garis tengah Selat Taiwan pada Jumat pagi. Disebutkan, aktivitas militer China sangat provokatif.

Militer Taiwan memastikan kesiapan tempur namun tidak akan mencari perang.

Sebelumnya Perdana Menteri Taiwan Su Tseng Chang mengecam latihan perang China yang melanggar wilayah laut dan udaranya. Dia menyebut China sebagai penjahat atas penembakan rudal yang melintasi wilayahnya.

Chang mengatakan, China secara sewenang-wenang mengganggu rute perlayaran laut penting bagi Taiwan. Tindakan China itu, lanjut dia, juga dikutuk negara-negara tetangga dan dunia.

Ada empat rudal China yang sempat melintas di langit Ibu Kota Taipei dalam latihan penembakan pada Kamis kemarin. Rudal-rudal itu terbang tinggi di atmosfer sehingga tak menimbulkan ancaman langsung. 

Proyektil yang ditembakkan China diketahui sebagai rudal balistik DF-17 yang didesain menghancurkan target berkecepatan lambat seperti kapal selam. 

Kemhan Jepang juga mengonfirmasi empat rudal yang terbang di atas Taipei. Selain itu lima dari total sembilan rudal yang ditembakkan mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

Editor : Anton Suhartono

Terima Kasih







Sumber