Latest Post

[Berita]Willian Tertarik Kembali Merumput di Inggris Bersama Fulham [Berita]Buka GIIAS 2022, Menko Airlangga Apresiasi Industri Otomotif yang Perbanyak Kendaraan Listrik

JAKARTA, creacorridor.com – Wiper menjadi fitur penting yang wajib ada pada mobil. Wiper berfungsi untuk menyeka kaca dari kotoran atau air terutama saat hujan agar penglihatan pengendara tidak terganggu

Meski demikian, jarang yang tahu bahwa ide penggunaan wiper sebenarnya sudah ada sejak satu abad lalu. Pencetusnya adalah seorang pengusaha perempuan bernama Mary Anderson.

Wiper pertama kali digunakan Mary Anderson yang merupakan seorang pengembang real estate, peternak sapi, dan pengusaha anggur. Wiper dipatenkan olehnya pada 1903.

Ide ini muncul saat dirinya tengah mengendarai trem di New York City pada 1902 di tengah hujan badai. Anderson memperhatikan pengemudi trem berjuang mati-matian menyeka kaca secara manual untuk visibilitas.

Setelah melihat kejadian itu, dia mulai mendesain wiper kaca depan untuk mobil. Wiper ini dapat dioperasikan pengemudi tanpa harus membuatnya berjuang keras menyeka kaca secara manual.

Dilansir dari The News Wheel, Kamis (4/8/2022), Wlwiper pertama rancangan Anderson dibuat menggunakan bahan kayu dan karet. Pengoperasiannya dilakukan dengan menggunakan tuas.

Saat itu wiper belum dapat dioperasikan secara otomatis. Untuk menggerakannya pengemudi harus mengoperasikan tuas secara terus menerus yang tentu ini akan mengganggu konsentrasi pengemudi.

Seiring berjalannya waktu, teknologi wiper semakin berkembang. Hingga akhirnya pada 1919 wiper kaca depan otomatis diperkenalkan seorang penemu bernama William M Folberth.

Editor : Dani M Dahwilani

Terima Kasih







Sumber