Latest Post

[Berita]6 Potret Putri Candrawathi Istri Irjen Ferdy Sambo Saat Nyalon Jadi Sorotan [Berita]Kawal SDGs Indonesia 2030, Surveyor Indonesia Hadirkan Layanan Jasa SURE

KASUS covid-19 terus menanjak. Namun, kepatuhan masyarakat menjalankan protokol kesehatan kian mengendur.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengajak masyarakat kembali disiplin prokes.

“Tampak adanya kecenderungan sikap setengah disiplin prokes 3M,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Kamis (4/8)

Wiku mengatakan masih ada masyarakat yang disiplin memakai masker dan menjaga jarak namun tidak mencuci tangan. Padahal, 3M merupakan ikhtiar yang tidak terpisahkan.

“Dinamika covid-19 beberapa pekan terakhir mengingatkan kita pentingnya konsisten mengendalikan peluang penularan,” papar dia.

Selain itu, Wiku juga menyentil sejumlah wilayah yang melaporkan hasil monitor prokes mingguan. Teranyar, hanya 17 dari 34 provinsi yang melapor periode 25 Juli hingga 31 Juli 2022.

“Saya harap masyarakat dan aparat yang wajib memantau disiplin prokes sama-sama membangun atmosfer yang patuh, taat, dan tidak menyepelekan,” tegasnya.

Menurut Wiku, pemantauan mingguan penting sebagai bahan evaluasi. Hal itu terlihat dari hasil monitor terbaru.

“Lebih dari 40 persen kelurahan/desa tidak patuh memakai masker dan lebih dari 20 persen kelurahan/desa tidak patuh menjaga jarak,” ujar Wiku 

Pemantauan menyeluruh berfungsi sebagai dasar kebijakan pemerintah daerah (pemda). Sehingga lonjakan kasus covid-19 bisa segera diintervensi. (OL-8)


Sumber