Latest Post

[Berita]Selamat! Arjun Kanungo dan Carla Dennis Menikah usai 7 Tahun Pacaran [Berita]Berita Liga Italia – Jadwal Klasemen, Hasil dan Berita terbaru Liga Italia

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

creacorridor.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan kebijakan subsidi yang lebih tepat sasaran tahun depan.

“Kami melihat pemerintah pada dasarnya menjaga inflasi dan subsidi dibuatkan program agar tepat sasaran. Ada program yang sedang disiapkan. Kami akan umumkan,” kata Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Lebih lanjut Airlangga menjelaskan jenis subsidi yang akan dikaji ulang untuk lebih tepat sasaran adalah subsidi BBM, gas melon dan pupuk.

“Tahun depan akan kami kurangi dengan subsidi langsung. Masih persiapan ya, belum penuh, mesti ada transisi. Subsidi yang bisa diperbaiki dengan subsisi langsung ada banyak, BBM,  melon, pupuk, tetapi sekarang belum bisa,” kata Airlangga.

Tahun ini, kata dia, untuk anggaran subsidi BBM saja sudah membengkak sampai Rp 502 triliun.

Pemerintah Indonesia masih bisa bertahan karena ada ‘bantalan’ dari windfall komoditas juga ekspor.

Namun, tahun depan keadaannya akan lebih sulit sehingga pemerintah harus memangkas sejumlah sektor, termasuk subsidi.

“Seberapa kuat pemerintah menjaga inflasi? Mau tidak mau pemerintah harus ancang-ancang bagaimana harus bisa berkata cukup terkait menjaga inflasi,” kata Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Teguh Dananto.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah menyiapkan kebijakan subsidi yang lebih tepat sasaran tahun depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Sumber