Latest Post

[Berita]Apa Benar Kalau Lagi Sakit Gigi Tidak Boleh Konsumsi Makanan Manis? [Berita]Teuku Wisnu Bangun Masjid di Bogor, Banjir Pujian Netizen

JAKARTA, creacorridor.com – Perusahaan keamanan siber Dr Web baru saja menemukan aplikasi Android berbahaya yang dapat mencuri informasi rahasia para penggunanya. Tak hanya satu atau dua aplikasi, jumlahnya mencapai belasan.

Mirisnya kagi, aplikasi berbahaya ini bisa dibilang merupakan aplikasi yang populer di Google Play Store. Dan meskipun Googe telah menghapus beberapa di antaranya, kemungkinan besar aplikasi tetap terpasang di banyak perangkat.

Temuan Dr. Web diterbitkan sejak Juni 2022 lalu, yang menjelaskan sekitar 30 aplikasi Android populer yang berisi trojan, adware, spyware, dan malware lainnya. Beberapa memiliki ratusan ribu atau bahkan jutaan unduhan Google Play Store.

Aplikasi berbahaya sebagian besar menyamar sebagai editor foto, kustomisasi tema, dan aplikasi wallpaper. Daftar ini juga memiliki keyboard emoji dan aplikasi pencatat yang menyembunyikan malware dalam pengkodeannya.

Setelah pengguna menginstallnya, mereka akan menampilkan iklan yang mengganggu, menipu pelanggan, dan mengambil informasi dari perangkat secara diam-diam. Satu hal yang serius adalah, aplikasi menargetkan isi pesan WhatsApp.

Yang lebih parahnya lagi, ada aplikasi yang mampu mengambil rekaman suara, foto, hingga video secara realtime Dr Web menyarankan agar para pengguna yang sudah terlanjur menginstall untuk segera melakukan uninstall kemudian menggunakan aplikasi anti virus.

 

Terima Kasih

16 Fitur Baru Android 11, Sudah Coba?

Sumber