Latest Post

[Berita]Alih Profesi Jadi Penyanyi, Mantan Pengacara Bharada E Bikin Album Gengster Sambo [Berita]Jangan Ungkit Istri Sambo Lagi ke Vivi Tan, Pokoknya Jangan!

JAKARTA, creacorridor.com – Karbohidrat merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat dapat ditemui dalam berbagai jenis makanan, seperti buah-buahan, biji-bijian, hingga sayuran.

Di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok dan sumber utama karbohidrat bagi masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa nasi merupakan makanan sehat yang kaya akan serat dan protein. 

Namun, di balik sejuta manfaatnya, nasi memiliki angka indeks glikemik yang tinggi yang dapat menyebabkan kadar gula darah melojak tinggi, terutama pada nasi putih. Tidak heran jika orang yang sedang menjalani diet menghindari nasi sebagai makanan pokok mereka.

Orang-orang yang menghindari nasi untuk program diet bukan berarti tidak boleh mengonsumsi karbohidrat. Mereka tetap harus mengkonsumsi karbohidrat, namun dalam bentuk yang lain. 

Berikut makanan-makanan pengganti nasi yang bisa menjadi asupan karbohidrat sehari-hari.

1. Brokoli

Siapa sangka sayur hijau ini bisa menjadi makanan pengganti nasi? Sama seperti nasi, brokoli juga mempunyai kandungan karbohidrat namun jauh lebih rendah. Menurut data USDA, Departemen Pertanian Amerika Serikat, 100 gram brokoli setara 6,64 gram karbohidrat dengan 34 kkal kalori. Selain itu brokoli juga mengandung protein dan vitamin C yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

2. Kembang Kol

Sayur yang mirip dengan brokoli ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Dalam 100 gram kembang kol, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 4,97 gram dengan total kalori sebesar 25 kkal. Cara memasaknya pun mudah. Cukup dengan memotong bagian bunganya dan diparut, lalu kukus selama 5 menit. Nasi kembang kol sudah siap disantap.

 

Terima Kasih

[Berita]6 Asupan Karbohidrat Pengganti Nasi, Perhatikan Kandungannya

Sumber