Latest Post

[Berita]Tips Menyusui agar ASI Lancar, Bisa Belajar Lewat Kelas Laktasi Online [Berita]6 Potret Putri Candrawathi Istri Irjen Ferdy Sambo Saat Nyalon Jadi Sorotan

Jakarta

Kulit kusam adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dirasakan, Bunda. Kulit yang kusam bisa disebabkan oleh berbagai macam hal sehingga kulit kehilangan kesehatan serta kecerahannya.

Kulit yang kusam bisa terjadi karena kurangnya asupan air pada tubuh. Faktanya, sebuah penelitian tahun 2015 menemukan adanya hubungan yang kuat antara minum cukup air dengan kulit yang sehat.

Mengonsumsi banyak air putih akan membantu meningkatkan hidrasi dari permukaan kulit. Tak hanya itu, penggunaan produk skincare akan membantu meningkatkan kelembapan melali lapisan atas kulit.

Kulit kusam juga bisa terjadi karena adanya penumpukan sel-sel kulit mati dan menghalangi tumbuhnya sel-sel baru. Terkadang sel kulit mati tidak terkelupas secara benar sehingga menyebabkan kulit jadi kering, kusam, bersisik, dan tidak merata.

Agar kulit tidak bertambah kusam, Bunda perlu menghindari kebiasaan mandi dengan air panas. Hal ini diungkapkan langsung oleh seorang dokter kulit, Tsippora Shainhouse, MD, FAAD.

“Air panas bisa menghilangkan minyak alami (di kulit) yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi,” katanya dikutip Healthline.

Rekomendasi skincare untuk kulit kering dan kusam

Penggunaan skincare bisa membantu mengatasi kulit kering dan kusam nih, Bunda. Melansir dari laman Healthline, ada beberapa rekomendasi skincare yang bisa Bunda gunakan. Berikut ini ulasannya:

1. Eksfoliasi

Pengelupasan kulit yang teratur adalah kunci untuk mendapatkan kulit yang bercahaya, Bunda. Ketika sel kulit mati menumpuk, kulit akan terlihat kusam, bersisih, bahkan menyumbat pori-pori.

Menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Hadley King, MD, pengelupasan kulit juga bisa membantu menghaluskan dan memoles kulit Bunda. Produk skincare eksfoliasi juga bisa mengurangi munculnya garis-garis halus dan meratakan tekstur kulit.

2. Serum dengan bahan tertentu

Serum wajah mengandung bahan-bahan yang terkonsentrasi tinggi. Bahan-bahan ini bisa membantu mencerahkan kulit, meningkatkan hidrasi dan mengurangi tanda-tanda penuaan, Bunda.

Karena serum menyerap dengan cepat ke dalam kulit, Bunda bisa menggunakan serum sekali atau dua kali sehari setelah membersihkan wajah. Sebaiknya gunakan serum yang mengandung vitamin C atau niacinamide.

Bahan-bahan ini memiliki efek antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu mencegah dan mengatasi kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C bahkan membantu memudarkan hiperpgmentasi atau bintik hitam

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video rekomendasi retinol bagi pemula berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber