Latest Post

[Berita]Apa Benar Kalau Lagi Sakit Gigi Tidak Boleh Konsumsi Makanan Manis? [Berita]Teuku Wisnu Bangun Masjid di Bogor, Banjir Pujian Netizen

Jakarta

Negara tidak akan bisa bertenaga tanpa adanya listrik, Bunda. Namun, ada banyak negara yang dinilai sangat boros dalam penggunaan listrik.

NS Energy mendapatkan data bahwa negara yang paling boros dalam penggunaan listrik ada di benua terbesar dunia, Asia. Tak hanya itu, negara-negara ini bahkan berasal dari negara-negara maju.

Konsumsi listrik global telah didominasi oleh pembakaran bahan bakar fosil. Tapi, ada masalah perubahan iklim menjadikan sebagian negara menggunakan tenaga matahari, angin, dan air, untuk mengganti listrik.

Negara-negara seperti Asia seperti China dan India sesuai dengan populasi menjadi negara paling boros dalam penggunaan listrik. Hal ini tentu didukung dengan besarnya populasi di China dan India.

Negara paling boros listrik di Asia

Melansir dari laman NS Energy, ada beberapa negara yang dinobatkan sebagai negara paling boros listrik, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya.

1. China

China merupakan negara terpadat di dunia dan menjadi negara paling boros listrik di benua Asia maupun secara global. China telah melahap sekitar 6,3 triliun kilowatt energi per jam.

Dua jaringan sinkron area China adalah China Southern Power Grid dan State Grid. Pada tahun 2005, jaringan listrik utara disinkronkan dan kemudian pada tahun 2011 semua provinsi China saling terhubung.

Menurut Dewan Listrik China, pada Januari-April 2019, konsumsi listrik di China melampaui 2,23 triliun kWh dan meningkat 5,6 persen dari tahun ke tahun. Hal ini diungkapkan langsung oleh Administrasi Energi Nasional.

2. India




India/ Foto: Getty Images/iStockphoto/turtix

India merupakan negara paling boros listrik nomor dua di benua Asia. Sementara itu, India menjadi negara nomor tiga paling boros listrik di dunia setelah Amerika Serikat. India memiliki populasi terbesar di dunia dan telah menghabiskan sekitar 1,54 triliun kWh.

Dengan sektor listrik yang didominasi oleh bahan bakar fosil seperti batu bara, Pemerintah India mulai berinvestasi dalam energi baru. Energi ini meliputi proyek pembangkit listrik tenaga air kecil, gasifier biomassa, tenaga biomassa, tenaga limbah perkotaan dan industri, energi surya, dan angin.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tips menghindari sengatan listrik berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber