Latest Post

[Berita]5 Fakta Cacar Monyet, Total di Indonesia Sebanyak 17 Suspek Bun [Berita]7 Gaya Prewedding Amanda Khairunnisa Adik Maudy Ayunda Pakai Adat Jawa

Jakarta

Saat balita sembelit, tentu Bunda sangat ingin menemukan cara untuk mengatasi masalah pencernaan ini dengan cepat dan membuat semuanya lebih baik. Karena ketika mengalami sembelit atau susah buang air besar (BAB), balita akan merasa tidak nyaman di perutnya, Bunda.

Melansir laman Healthline, sembelit pada balita sedikit berbeda dari pada orang dewasa, Bunda. Sembelit pada orang dewasa terjadi jika memiliki kurang dari tiga kali buang air besar per minggu.

Sedangkan sembelit pada balita menurut Institut Nasional Diabetes dan Gangguan Pencernaan dan Ginjal Amerika Serikat, dikatakan sembelit pada anak-anak jika buang air besar kurang dari dua kali per minggunya, Bunda.

Balita pada dasarnya memiliki suasana hati dan keinginan yang dapat berubah dalam sekejap. Ketika sedang mengalami susah BAB hingga berhari-hari, tentu hal ini akan mempengaruhi suasana hati Si Kecil, Bunda. 

Begitu pun halnya dengan Bunda, melihat anak sembelit berhari-hari membuat orang tua panik. Namun, sembelit pada balita biasanya bukan merupakan tanda penyakit serius, Bunda. Paling sering itu disebabkan oleh masalah yang mudah diselesaikan, seperti mengubah pola makan dan menu makanan yang harus dihindari.

Cara mengetahui balita susah buang air besar

Jadi bagaimana Bunda bisa tahu jika Si Kecil sedang mengalami susah buang air besar?  

Selain frekuensi BAB yang berkurang, ada tanda-tanda lainnya yang bisa Bunda perhatikan saat anak mengalami susah buang air besar. Seperti tinja yang keras dan sulit dikeluarkan.

Kondisi tinja yang besar, keras, kering, dan disertai dengan buang air besar yang menyakitkan. Bisa juga terdapat darah di bagian luar tinja merupakan tanda-tanda anak mengalami sembelit Bunda.

“Anda pasti tahu keterampilan verbal balita belum dapat dengan sempurna sehingga mereka dapat berkata, “Saya sembelit!”. Namun, tanda dan gejalanya tidak terlalu sulit untuk dikenali oleh orang tua dan pengasuh. Jadi perhatikan gerak gerik anak,” kata Mia Armstrong dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Healthline.

Tanda anak susah BAB

Berikut tanda-tanda susah buang air besar pada balita yang perlu Bunda waspadai ya, yang dilansir dari laman WebMD:

  1. Tinja yang keras, kering, atau seperti kerikil.
  2. Mengejan atau sakit, atau keduanya ketika anak mencoba mengeluarkan tinja yang besar.
  3. Sakit perut
  4. Kembung
  5. Mual
  6. Ketakutan atau menghindari menggunakan toilet
  7. Terdapat darah di bangku atau closet saat anak BAB
  8. Keluarnya sedikit tinja sehingga menimbulkan noda pada pakaian dalam anak yang sudah dilatih menggunakan toilet.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video cara mudah mengatasi sembelit pada bayi saat MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber