Latest Post

[Berita]Selamat, 4 Kantor Bea Cukai Ini Dapat Penghargaan dari BNNP Kalbar [Berita]Kisah Horor di Kantor, Kejadian yang Dialami Bayu Bikin Merinding!

JAKARTA, creacorridor.com – Pantun jenaka termasuk dalam jenis pantun yang banyak digunakan untuk menghibur. Pantun merupakan salah satu karya sastra Melayu, yang termasuk dalam puisi lama dan terdiri dari empat baris atau rangkap.

Ada banyak jenis pantun yang kita ketahui, namun salah satu jenis pantun yang paling populer adalah pantun jenaka. Hal ini dikarenakan pantun jenaka dapat menghibur siapapun yang membaca atau mendengarnya.

Lalu, pantun jenaka itu seperti apa? Apa saja contoh pantun jenaka? Jika belum tahu, yuk simak contohnya di bawah ini!

Apa Itu Pantun Jenaka?

Dikutip dari buku ‘Ultra Lengkap Peribahasa Indonesia’ karya Nur Indah Sholikhati, pantun jenaka adalah pantun yang mempunyai tujuan untuk menghibur orang yang mendengar atau membacanya. Tak jarang pantun ini juga dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam hubungan akrab, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung.

Pantun ini memiliki sifat yang menghibur karena mengandung kata-kata lucu di dalamnya. Dengan pantun jenaka, diharapkan agar suasana menjadi semakin riang.

Editor : Puti Aini Yasmin

Terima Kasih







Sumber