Latest Post

[Berita]Willian Tertarik Kembali Merumput di Inggris Bersama Fulham [Berita]Buka GIIAS 2022, Menko Airlangga Apresiasi Industri Otomotif yang Perbanyak Kendaraan Listrik

Jakarta

Peralatan MPASI menjadi salah satu hal yang perlu Bunda siapkan menjelang momen makan pertama Si Kecil. Supaya lebih efisien, yuk pelajari dulu perlengkapan MPASI yang perlu disiapkan.

Namun sebelum itu, pahami juga bahwa dalam proses awal MPASI pastikan anak sudah menunjukkan kesiapan fisik dan psikologis ya, Bunda. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam situs resminya, langkah ini justru sangat penting, lho.

Kesiapan fisik yakni siap untuk menerima makanan selain ASI. Kesiapan tersebut salah satunya refleks ekstrusi alias menjulurkan lidah telah sangat berkurang atau sudah menghilang sama sekali.

Bayi juga harus mampu menahan kepala tetap tegak, duduk tanpa/hanya dengan sedikit bantuan, dan mampu menjaga keseimbangan badan ketika tangannya meraih benda di dekatnya.

Dari segi psikologis, bayi siap makan ditunjukkan dengan sikap lebih mandiri dan eksploratif. Misalnya, ia tampak penasaran terhadap makanan, membuka mulut saat diarahkan sendok, dan dapat menunjukkan ‘sinyal’ lapar atau kenyang melalui gerakan tubuh.

Peralatan MPASI yang perlu disiapkan

Nah, jika usia anak sudah mencukupi dan tanda-tanda kesiapannya untuk makan makanan padat mulai terlihat. Bunda juga dapat mulai menyiapkan peralatan yang diperlukan.

Ingat ya, tak semuanya harus dibeli baru. Bunda juga dapat memanfaatkan peralatan masak yang ada di rumah, lho. Yang terpenting sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi.

Berikut 10 peralatan MPASI yang perlu disiapkan saat anak pertama kali makan:

1. Food processor

Dikutip dari Very Well Family, Bunda dapat menggunakan food processor untuk menghaluskan atau menumbuk makanan bayi agar teksturnya menjadi lebih halus. Bisa juga menggunakan alat serupa lain, misalnya seperti blender.

Pemilihan food processor sebaiknya tetap disesuaikan dengan tujuan pemakaian, kapasitas, dan bujet yang ada.




Food Processor/Foto: iStock

2. Tumbukan manual dan saringan

Apabila Bunda merasa enggan menggunakan food processor untuk menghaluskan makanan bayi, Bunda bisa menggunakan tumbukan manual dan saringan. 

Tekstur makanan Si Kecil pun bisa menjadi halus dengan cara ditumbuk. Jangan lupa setelah itu disaring kembali agar lebih lembut.

3. Kukusan ukuran kecil

Untuk menu MPASI berbahan sayuran, biasanya teknik pengolahan yang sering digunakan yakni mengukus. Nah, Bunda bisa menyiapkan kukusan ukuran kecil supaya lebih praktis. 

Namun, jika di rumah Bunda sudah memiliki kukusan atau steamer, maka tidak perlu membeli baru, ya.

4. High chair atau kursi makan

Dikutip dari Baby Centre, penggunaan high chair dapat membantu bayi dapat makan dengan lebih aman dan nyaman. Selain itu, jika Bunda ingin Si Kecil cepat mandiri saat makan, penggunaan baby chair dapat membantu.

Jadi, jika tersedia bujet lebih untuk peralatan MPASI maka tak ada salahnya Bunda menyiapkan baby chair atau kursi makan khusus untuk bayi. 

Apa lagi peralatan makan yang perlu disiapkan untuk Si Kecil? Yuk simak di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video resep bubur udang buncis, menu MPASI untuk bayi usia 6 bulan:

[Gambas:Video Haibunda]


Sumber