Latest Post

[Berita]2 Jenis Insomnia dan Cara Penanganan yang Tepat, Penting! [Berita]Robby Purba Geluti Bisnis Kuliner, Ayam Goreng Berbalut Saus Telur Asin

creacorridor.com Kepri – Manfaat garam bagi tubuh sangat penting. Tapi manfaat ini dapat tercapai jika konsumsi garam sesuai takaran ideal. Jika berlebihan bisa menimbulkan penyakit.

Dokter umum dan konten kreator kesehatan dr. Kevin Mak mengatakan garam memiliki fungsi yang sangat diperlukan untuk mengontrol sistem pembuluh darah.

“Jadi garam ini berperan penting dalam menjaga kerja sistem syaraf, ibaratnya jika kita ingin menggerakkan tangan atau memegang benda itu sedikit banyak menggunakan komponen natrium untuk menggerakkan peran tersebut,” ucapnya dalam seminar virtual, Selasa (5/7).

BACA JUGA:  6 Rempah yang Bisa Gantikan Garam Bagi Penderita Hipertensi

Ia menjelaskan natrium dalam garam adalah kunci utama yang mengontrol tekanan darah dan juga cairan dalam tubuh.

Fungsi lainnya yaitu membantu enzim dalam pencernaan untuk penyerapan nutrisi seperti protein lemak dan karbohidrat dalam sel-sel tubuh dan juga kesehatan otot seperti otot jantung dan otot rangka.

BACA JUGA:  Penderita Diabetes Tetap Bisa Hidup Sehat, Banyak Opsi Pengobatan

Meskipun garam memiliki fungsi yang baik bagi tubuh, namun konsumsi garam tidak boleh berlebihan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan, kebutuhan garam idealnya tidak lebih dari 2.000 miligram natrium atau sodium atau tidak lebih dari 5 gram per hari, baik untuk dewasa maupun anak-anak usia 1-10 tahun.

BACA JUGA:  Gejala Hipertensi yang Sering Diabaikan, Mulailah Hati-hati

“Kalau konsumsi terlalu banyak garam dalam jangka waktu yang panjang, yang pertama tentunya bisa menimbulkan keluhan yang paling ditakutkan yaitu hipertensi,“ kata Kevin.

Sumber