Latest Post

[Berita]Kolaborasi Second Life Indonesia-kafe Excelso Ajak Perempuan Bangkit di Masa Pandemi [Berita]Artis Cantik Menjanda Lebih dari 9 Tahun

Federasi Bulu Tangkis Dunia BWF sedang mengkaji persoalan keikutsertaan atlet transgender. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

creacorridor.com, JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia BWF mulai mengkaji dan membantu mengambil keputusan berbasis bukti terkait kebijakan atlet transgender.

BWF mengikuti kebijakan pemerintah Inggris untuk membahas masalah transgender, baik di turnamen tingkat nasional maupun internasional.

“Hanya, kami memahami rekomendasi terkini dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan memulai riset spesifik dan penilaian untuk mendapatkan pengambilan keputusan berbasis hasil yang relevan di bulu tangkis yang adil bagi semua pihak,” kata BWF sebagaimana dilansir Reuters pada Kamis (23/6).

Pihak yang pro terhadap transgender menyatakan tidak banyak studi untuk mempelajari dampak transisi gender terhadap performa fisik. Selain itu, atlet-atlet elite memiliki kemampuan fisik yang berbeda.

BWF menjadi federasi olahraga berikutnya yang memulai kajian kebijakan tersebut. 

Sebelumnya, akhir pekan lalu, berdasarkan hasil pemungutan suara di Federasi Akuatik Dunia FINA, atlet transgender pria ke perempuan dilarang mengikuti kompetisi nomor putri.

Federasi Sepak Bola Dunia FIFA dan Federasi Atletik Dunia World Athletics juga sedang melakukan kebijakan serupa.

Sementara itu, IOC telah mengeluarkan aturan soal masalah tersebut. Selain itu, memberikan wewenang keputusan akhir kelayakan penampilan atlet-atlet transgender kepada setiap federasi olahraga.

Federasi Akuatik Dunia FINA dan liga rugbi menolak keikutsertaan atlet transgender. Bagaimana dengan BWF dan FIFA?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Sumber