Latest Post

[Berita]Kebakaran Hebat di Rajabasa, 7 Mobil Damkar Diturunkan [Berita]Sepanjang 2022, Batam Siapkan 168 Atraksi untuk Goda Wisman

JAKARTA, creacorridor.com – Fenoma langka akan terjadi pada Juni 2022. Pada 24 Juni akan terjadi fenomena astronomi berupa 5 planet berada di posisi sejajar jika dilihat dari Bumi.

Kelima planet yang berada di posisi sejajar ini mencakup Mars, Merkurius, Venus, Jupiter, dan Saturnus. Dan ini memberikan dampak nyata pada kehidupan di Bumi.
Salah satu dampak yang bisa dirasakan mirip dengan dampak jika terjadi fenomena gerhana Matahari atau Bulan. 

Fenomena 5 planet sejajar dapat mempengaruhi tinggi rendahnya gelombang air laut. Bagi yang ingin menyaksikan fenomena 5 planet sejajar bisa menyaksikannya secara langsung dari rumah. 

Menariknya, fenomena langka ini bisa dilihat tanpa memerlukan alat khusus. “Kesempatan langka untuk melihat hal yang dapat disaksikan dari rumah dengan mata telanjang selama cuaca cukup cerah,” kata peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Profesor Beth Biller.

Sementara itu, peneliti di Pusat Riset Antariksa BRIN, Andi Pangeran, menjelaskan fenomena ini dapat disaksikan selama kurang lebih 50 menit, sesuai dengan waktu fajar masing-masing wilayah.

“Sejak awal fajar astronomis atau 75 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 04.30 waktu setempat, hingga akhir fajar bahari atau 25 menit sebelum Matahari terbit sekitar pukul 05.30 waktu setempat,” ujar Andi.

Editor : Dini Listiyani

Terima Kasih







Sumber