Latest Post

[Berita]7 Potret Memesona Monna Frans, Aspri Hotman Paris yang Mualaf Dibimbing Gus Miftah [Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama

creacorridor.com – Ketua DPR RI Puan Maharani diminta menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Selama seharian bersama Jokowi, Puan diajak melihat perkembangan pembangunan ibu kota negara baru.

Puan bersama Jokowi terbang menggunakan pesawat kepresidenan dari Jakarta ke Balikpapan, Rabu (22/5/2022). Rombongan presiden turut mengajak sejumlah pemimpin redaksi (Pemred) media massa nasional.

Saat ditanya para Pemred, Puan mengaku ikut ke IKN Nusantara atas permintaan langsung Presiden Jokowi. Permintaan tersebut disampaikan ketika Jokowi bertemu Puan di acara Rakernas PDI Perjuangan (PDIP), kemarin.

“Kemarin di acara Rakernas PDI Perjuangan, Presiden menyampaikan agar Ketua DPR RI bisa ikut serta dalam kunjungan kerja ke IKN dengan para Pemred untuk melihat secara langsung hasil yang sudah dilakukan selama ini,” kata Puan.

Puan juga menyatakan ingin melihat langsung perkembangan pembangunan ibu kota negara baru sejak terakhir ia mengunjungi IKN Nusantara pada bulan Februari 2022. “Saya juga ingin melihat apakah sudah ada perkembangan pembangunan,” sebutnya.

Mensesneg Pratikno dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga ikut dalam rombongan presiden. Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya sudah lebih dulu datang menunggu di IKN Nusantara.

Tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan, rombongan disambut oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, dan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Imam Sugianto. Rombongan kemudian menuju lokasi IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara menggunakan jalur darat via Tol Manggar.

Selama kegiatan ini, Puan dan Jokowi selalu bersama. Setiap perjalanan menuju titik-titik peninjauan, Puan terus berada dalam satu mobil dengan Jokowi.

Di titik pertama, Puan menemani Presiden Jokowi meresmikan Pembangunan Persemaian Mentawir. Di lokasi ini, dilakukan penanaman bibit-bibit pohon yang digunakan untuk merehabilitasi lahan-lahan di kawasan IKN.

“Ini merupakan fungsi pengawasan DPR. Bagaimana kesiapan dan progres dari IKN, termasuk rehabilitasi lahan-lahan bekas tambang khususnya di kawasan IKN dan di Kalimantan pada umumnya,” ungkap Puan.

Saat meninjau Persemaian Mentawir yang lokasinya berjarak satu jam perjalanan dari titik nol IKN, Puan diajak ngevlog bareng oleh sejumlah Pemred media nasional, salah satunya Pemred Metro TV Arief Suditomo. Dia akhir sesi ngevlog, Arief bertanya seputar isu Pilpres 2024.

“Ketua DPR diajak keliling IKN sendirian oleh Presiden Jokowi. Apakah ini tanda-tanda atau cara Pak Jokowi meng-endorse Mba Puan sebagai capres?” tanya Arief.

Puan tersenyum mendengar pertanyaan Arief. Ia pun hanya menjawab singkat.

“Ada nggak ya? Ada nggak ya?” jawab Puan dengan penuh makna.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu melanjutkan, yang pasti kedatangannya bersama Presiden sebagai salah satu bentuk fungsi kedewanan. Dalam hal ini, kata Puan, untuk melakukan pengawasan kepada program yang tengah dijalankan pemerintah.

“Saya diajak Pak Jokowi. Dan tentu saja ini sebagai tugas pengawasan Ketua DPR untuk melihat perkembangan, progres dari IKN,” urainya.

Tag:
jokowi
puan maharani

Sumber