Latest Post

[Berita]Terpopuler: Nama Bayi Laki-laki – Kisah Mistis WNI Saat Jadi Perawat di Jerman [Berita]Daud Yordan Makin Tua, Siapa Petinju Muda Penerusnya?

JAKARTA, creacorridor.com – Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro menilai koalisi partai politik yang sedang dibangun para elite politik saat ini masih terlalu dini. Dia memprediksi koalisis tidak akan langgeng sebelum pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Musababnya, peta koalisi partai politik dalam penentuan capres bisa saja berubah di tengah jalan karena adanya dinamika electoral nama-nama capres di antara para elit politik.

“Komunikasi antara para elit yang terjadi selama beberapa bulan terakhir ini masih terlalu dini untuk dibilang sudah comfirm, sudah pasti langgeng dan akan sampai terus kepada tahapan pendaftaran pasangan calon (Presiden) pada tahun depan (2023),” kata Bawono Kumoro ketika menjadi pembicara di webinar Partai Perindo bertajuk ‘Pasca Reshuffle Kabinet, Bagaimana Format Koalisi Untuk Capres 2024?’ secara hybrid di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Bawono menuturkan koalisi partai politik yang dilihat saat ini memang telah membangun penjajakan dan komunikasi antar-elit politik untuk menentuhkan siapa capres-cawapres terbaik yang bakal diusung.

Namun, sesuatu hal bisa saja terjadi di tengah persimpangan jalan karena adanya dinamika politik di antara koalisi parpol pengusung capres-cawapres.  

“Karena di dalam dinamikan politik kita sering terjadi berbagai kejutan, itu termasuk juga bagaimana dinamika electoral para nama-nama bakal calon presiden,” katanya.

Menurutnya dinamika electoral nama-nama capres yang selama ini dimunculkan di berbagai macam lembaga survei sangat menentukan kelanggengangan dan komunikasi antar-elit politik yang terjadi selama dekade beberapa bulan terakhir ini.

“Jadi saya pikir masih terlalu pagi untuk koalisi yang selama beberapa bulan terakhir ini benar-benar akan terbentuk nanti,” tuturnya.

“Bahwa memang ada proyeksi menuju ke sana dan semakin mengerucut (calon presiden) bisa saja, tetapi tidak bisa dikatakan bahwa koalisi ini akan langgeng sampai pendaftaran calon presiden,” katanya lagi.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

Terima Kasih







Sumber