Latest Post

[Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama [Berita]Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Cukai Rokok Kemenyan

Jakarta – Serangan migrain juga tak luput menyerang ibu menyusui (busui). Nah, dalam kondisi ini, apa obat migrain busui yang bisa diandalkan ya, Bunda? Cari tahu yuk!

Migrain memang berbeda dari sakit kepala normal dan bisa sangat menyakitkan. Nyeri yang muncul sering disertai mual dan muntah serta kepekaan terhadap cahaya dan suara. Beberapa orang yang mengalami migrain juga mengalami perubahan penglihatan.

Dalam kasus umum, migrain memengaruhi hingga 20 persen wanita. Mengenai pemicunya sendiri, sangatlah bervariasi. Tetapi, untuk kebanyakan orang migrain dikaitkan dengan melewatkan jadwal makan dan juga kurangnya cairan tubuh. 

Rasa sakit yang muncul saat migrain kambuh sering digambarkan sakit kepala yang berdenyut, seperti dikutip dari laman Breastfeedingnetwork.




Lahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Analgesik sederhana seperti parasetamol (sebaiknya dalam bentuk larut) dan atau obat antiinflamasi nonstereoid seperti ibuprofen, diclofenac, atau naproxen seringkali efektif untuk mengatasi migrain. Sementara, aspirin harus dihindari para ibu menyusui karena risiko yang mungkin muncuk setelah mengonsumsinya.

Saat migrain kambuh, penyerapan usus sering berkurang sehingga obat mungkin tidak diserap dengan cukup baik untuk menjadi efektif. 

Jika penggunaan obat analgesik tidak berhasil menyembuhkan, serangan migrain dapat diobati dengan senyawa antimigrain spesifik seperti 5HT1-receptor agonist (triptan). Hanya saja, produsen merekomendasikan bahwa menyusui harus dihentikan selama 12 jam setelah penggunaan obat ini.

“Tidak direkomendasikan juga Excedrin bagi ibu menyusui,” kata Maureen Mills, RN, IBCLC, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Very Well Family.

Tiga bahan dalam Excedrin bekerja sama untuk membantu meringankan sakit kepala. Excedrin sendiri merupakan obat bebas yang terdiri dari kombinasi acetaminophen, aspirin, dan kafein. Obat ini sering digunakan untuk pengobatan serangan sakit kepala seperti migrain, tetapi kadang digunakan untuk sakit kepala lain atau sakit ringan dan nyeri.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi mengenai cara menangani migrain ibu menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga yuk


Sumber