Latest Post

[Berita]Survei CiGMark: Ridwan Kamil Jadi Sosok Terpopuler di Antara Semua Capres-Cawapres [Berita]Ternyata Ini Alasan Anak Menolak Makan Sayur, Simak Saran dari Ahli Gizi Bun

Jakarta, creacorridor.com

Jan Djuhana menjadi salah satu saksi perkembangan musik di Indonesia. Berkat kepekaan dan kepiawaiannya, Jan berhasil melahirkan banyak penyanyi hingga band ternama.

Mulai dari Dewa 19, KLa Project, Sheila on 7, Padi, Ratu, Cokelat, Glenn Fredly, Audy, Bondan & Fade2Black, Andy /rif, Ello, dan masih banyak lagi.

Jan dinilai sebagai sosok yang memiliki insting musik yang kuat dan telinga tajam. Hal itu terbukti lewat lagu hit milik Dewa 19 yang berjudul Kangen.


Awalnya lagu yang ditulis oleh Ahmad Dhani itu kurang disukai. Namun, siapa sangka kini lagu itu menjadi lagu hit sepanjang masa.

“Pak Jan itu terbiasa bikin kompilasi hit lagu-lagu Barat sejak 1980-an. Itu adalah ‘Sekolah Tinggi Ilmu Lagu Hit’. Jadi secara tidak langsung sudah sah Pak Jan jadi ‘doktor’ bidang lagu hit. Terbukti ‘Kangen’ yang saya sendiri kurang suka menjadi lagu hit sepanjang masa,” ucap Ahmad Dhani.




Banyak Lahirkan Penyanyi Indonesia, Jan Djuhana Rilis Buku ‘Di Balik Bintang’/ Foto: Berbagai Sumber

Bentuk pengabdian dan perjalanan kehidupan Jan Djuhana yang tidak mudah di dunia musik Indonesia pun dituangkan ke dalam buku yang berjudul Di Balik Bintang: Jan Djuhana.

Buku yang telah dirilis pada Maret lalu oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) itu mengungkapkan kisah manis dan pahit karier pria yang akrab disapa Pak Jan itu sejak 1970-an di balik dapur rekaman.

Pak Jan mengungkapkan perjalanan hidupnya dengan bantuan Frans Sartono dan Herlambang Jaluardi.

Buku Di Balik Bintang: Jan Djuhana menyampaikan kehidupan masa kecil Pak Jan sebelum terjun ke industri musik hingga memiliki label rekaman sendiri. Pak Jan juga membagikan kisahnya yang banyak bertemu calon bintang.

Pernah menjual kaset di pinggir jalan, Pak Jan terlatih untuk membaca selera pasar. Ia juga mampu menilai kekuatan lagu baru sebelum akhirnya dipasarkan ke publik. Hal itu membuat Pak Jan berharap kelak akan menjadi produser rekaman.




Banyak Lahirkan Penyanyi Indonesia, Jan Djuhana Rilis Buku 'Di Balik Bintang'Banyak Lahirkan Penyanyi Indonesia, Jan Djuhana Rilis Buku ‘Di Balik Bintang’/ Foto: Berbagai Sumber

“Lagu-lagu yang dimainkan di band itu juga melatih kepekaan saya dalam menghayati lagu-lagu. Saya tidak hanya sekadar menikmati lagu dari band-band atau penyanyi. Dengan bermain band, saya dapat lebih menghayati feel atau rasa, pesan dan jiwa lagu,” kata Pak Jan.

“Saya dapat menghayati jiwa lagu yang dimainkan sebuah band atau dibawakan penyanyi. Saya juga bisa memproyeksikan respons audiens jika mereka nanti mendengar suatu lagu,” sambungnya.

Eross Candra gitaris Sheila on 7 menilai Pak Jan adalah sosok produser yang unik karena mampu mendengarkan musik berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kebanyakan orang.

“Beliau mempunyai nalar atau sense yang unik terhadap sebuah lagu. Akurasi dalam menilai hook lagu adalah kelebihan atau gift beliau,” kata Eross Candra.

(agn/and)


Terima Kasih:




Sumber