Latest Post

[Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama [Berita]Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Cukai Rokok Kemenyan

Jakarta – Berencana memasang KB implan untuk cegah kehamilan tak direncanakan, Bunda? Sebelum pasang, ada baiknya Bunda memahami jenis KB implan terlebih dahulu agar tidak menyesal nantinya. 

Mengutip Medical News Today, KB implan berbentuk batang plastik seukuran korek api. Ini mengandung bentuk hormon progesteron yang disebut etonogestrel. 

Dokter akan memasang KB implan di bawah kulit lengan bagian atas. Umumnya tidak berbahaya tapi terdapat efek KB implan pada menstruasi karena hormon progesteron yang mempengaruhi organ reproduksi. 

Apa efek KB implan pada menstruasi? Mendengar hal ini mungkin membuat Bunda khawatir karena takut berdampak buruk terhadap siklus menstruasi serta kesehatan reproduksi. 




Cara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Tidak melulu demikian, ada efek KB implan pada menstruasi yang mungkin mengganggu tapi beberapa juga memiliki pengaruh positif. Apa saja efek KB implan pada menstruasi? Simak uraiannya di sini ya, Bunda.

Efek KB implan pada menstruasi yang positif

Salah satu efek KB implan pada menstruasi yang positif adalah bisa membantu menstruasi tidak terasa menyakitkan. Dikutip dari Planned Parenthood, efek KB implan pada menstruasi bisa mengurangi rasa sakit saat PMS.

Implan dapat meredakan kram dan PMS, serta biasanya akan membuat menstruasi Bunda menjadi lebih ringan. Bahkan 1 dari 3 orang tidak mendapatkan menstruasi sama sekali setelah satu tahun menggunakan implan.

Efek KB implan pada menstruasi yang mungkin mengganggu

Kemudian ada pula efek KB implan pada menstruasi yang mungkin mengganggu Bunda. Meski umumnya efek KB implan pada menstruasi tersebut hilang setelah beberapa bulan namun bisa membuat Bunda tidak nyaman.

Efek KB implan pada menstruasi yang bisa membuat Bunda tidak nyaman dan paling umum terjadi adalah mengalami flek atau keputihan serta siklus tidak teratur, terutama pada periode 6 sampai 12 bulan pertama. Terkadang flek bisa terjadi jangka panjang.

Sebagian efek KB implan pada menstruasi memang bisa meredakan kram, beberapa wanita justru bisa mengalami haid yang berat dan lama. Meskipun sebagian besar membuat periode menstruasi jauh lebih ringan.

Simak keuntungan memakai KB implan dalam mencegah kehamilan di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga informasi mengenai KB dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]


program-kehamilan
Program Hamil
Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan.
Cek Yuk arrow-right

Sumber