Latest Post

[Berita]Penderita Diabetes Waspadai Infeksi Virus BA.4 dan BA.5, Berdampak Buruk ke Jantung dan Ginjal [Berita]Menteri Agama Yaqut Kenang Waktu Jalani Ibadah Haji Pertamanya Tahun 2004: Mirip Ikan Pindang

JAKARTA, creacorridor.com РPublic Speaking Professional Trainer, M. Syaiful Muktapa atau akrab disapa Uta mengatakan, ketika seseorang melatih keahlian public speaking, maka harus mengetahui kebutuhannya 

“Karena meskipun kita banyak referensi latihan, tapi itu gak menjamin kebutuhan lho. Akan sulit tolok ukurnya,” katanya dalam podcast Aksi Nyata bertajuk ‘Atasi Gugup dan Gagap dengan Cara Jitu Public Speaking ‘ di channel YouTube Partai Perindo, Rabu (22/06/22).

Oleh karena itu, kata dia, harus memahami kebutuhannya terlebih dahulu. Apa yang jadi utama yang akan ditingkatkan, misalnya skill, materi atau cara menguasai panggung.

“Apa dilancar ngomongnya dulu, atau di pembicaraan efektifnya. Pembicaraan menariknya apa,” ujarnya.

“Setelah itu bisa dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, jika gugup saat akan berbicara merupakan persoalan yang banyak dialami orang ketiga menjalani publik speaking. Serta hal tersebut menjadi sesuatu yang normal terjadi, karena pada saat itu kondisi seseorang sedang tertekan.

“Dan itu sifat alami gak bisa dihilangkan. Hanya bisa lo kendalikan,” katanya.

Lalu bagaimana cara mengendalikannya? Menurutnya untuk mengatasi rasa gugup yang paling penting adalah apa yang ada dalam pikiran. Sebab segala sesuatu yang dihadapi, akan direspons oleh pikiran terlebih dahulu ketika menanggapinya.  

“Kalau pikiran kita kurang menanggapinya, maka yang ada kecemasan, tidak percaya diri dan nantinya akan merasakan gugup di situ,” ujarnya.

Editor : Hadits Abdillah

Sumber