Latest Post

[Berita]Timnas Vietnam Dapat Kabar Buruk usai Ditahan Indonesia di Piala AFF U-19 2022 [Berita]Polisi Buru Pembantai Pemuda di Sukabumi, Siap-Siap

MANADO, creacorridor.com – Perkembangan tiga komoditas bawang, rica atau cabai, dan tomat (barito) akhir-akhir ini mengalami peningkatan tidak hanya di Sulawesi Utara (Sulut) namun secara nasional. Bahkan harga cabai di Manado kini sudah menyentuh harga Rp100.000 per kilogram.

Pada minggu ke tiga Juni 2022, rica mencapai harga tertinggi sejak 2020-2022 dengan rata-rata nasional Rp80.250, bawang merah secara nasional mencapai harga Rp54.500. 

Sebagai komoditas yang masuk dalam kategori volatile food (pangan bergejolak), pergerakan harga bawang merah, cabai dan tomat memang terjadi secara natural, baik karena faktor musiman, meningkatnya permintaan menjelang HBKN, permasalahan yang tidak terduga (bencana) dan permasalahan lain yang terjadi pada masing-masing daerah.

“Namun apabila ditinjau sejak tahun 2020, kenaikan harga-harga tersebut khususnya cabai dan bawang merah pada dasarnya masih normal, meski pun pergerakan harga komoditas tersebut memang lebih tinggi sejak awal tahun 2022,” kata Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulut, Arbonas Hutabarat, Kamis (23/6/2022).

Editor : Cahya Sumirat

Terima Kasih

Sumber