Latest Post

[Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama [Berita]Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Cukai Rokok Kemenyan

SLEMAN, creacorridor.com– Pemkab Sleman akan menerima 3.300 dosis vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Vaksin ini merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) Kabupaten Sleman Suparmono menyebutkan pada Kamis (23/6) sore tadi  vaksin dimungkinkan telah sampai di Pemda DIY. 

“Kabupaten Sleman pada tahap pertama ini, mendapat alokasi vaksin PMK sebanyak 3.300 dosis,” katanya di Sleman, Kamis.

Menurut dia, untuk tahap pertama penyuntikan vaksin PMK di Sleman, diprioritaskan untuk ternak sapi perah. Penyuntikan perdana rencananya dilakukan di Kelurahan Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan.

“Rencananya Sabtu (25/6) pagi akan dilangsungkan penyuntikan vaksin PMK perdana di Glagaharjo. Karena di wilayah lereng Merapi ini populasi sapi perah cukup tinggi,” katanya.

Ia mengatakan, sapi perah menjadi prioritas penyuntikan vaksin PMK, karena jika terkena serangan virus, produksi susu sapi mengalami penurunan signifikan.

“Dari total 2.804 populasi sapi perah di Sleman, yang terkena PMK sebanyak 252 sapi dan dampaknya produksi susu langsung menurun dari sebelumnya 7.664,75 liter menjadi 6.363,50 liter per hari,” katanya.

Editor : Ainun Najib

Terima Kasih

Sumber