Latest Post

[Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama [Berita]Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Cukai Rokok Kemenyan

AMERIKA Serikat (AS) mengirimkan gelombang baru persenjataan ke Ukraina, ungkap Gedung Putih, Kamis (23/6). Paket persenjataan senilai US$450 juta itu mencakup empat sistem rudal canggih yang bisa digunakan untuk menghadapi invasi Rusia.

“Paket ini berisi senjata dan perlengkapan, termasuk Sistem Roket Artileri dengan Mobilitas Tinggi yang baru,” ujar juru bicara Gedung Putih John Kirbi.

Paket itu juga mencajup puluhan ribu amunisi artileri dan kapal patroli.

Baca juga: Jokowi akan Bertemu Zelensky, Ukraina Segera Gabung ke UE

Sistem rudal yang dikenal dengan nama HIMARS itu merupakan salah satu permintaan teratas Ukraina saat mereka menghadapi invasi Rusia melalui wilayah selatan negara itu.

Sebanyak empat unit sistem rudal itu telah dikirim dan program pelatihan bagi militer Ukraina telah dijalankan. Sedangkan empat unit sistem persenjataan canggih dan akurat lagi akan dikirim kemudian.

Dengan paket persenjataan baru itu, kontribusi AS terhadap militer Ukraina sejauh ini telah mencapai US$6,1 miliar sejak invari Rusia, Februari lalu. (AFP/OL-1)


Sumber