Latest Post

[Berita]7 Potret Memesona Monna Frans, Aspri Hotman Paris yang Mualaf Dibimbing Gus Miftah [Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama

JAKARTA, INews.id – Membuat surat lamaran kerja sangat penting bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan. Itu sebabnya, kamu perlu mengetahui apa itu surat lamaran kerja dan isinya. 

Secara umum, pengertian dari surat lamaran kerja adalah jenis surat pribadi bersifat resmi yang diajukan seseorang ke perusahaan (instansi) agar diterima bekerja sebagai karyawan pada posisi/jabatan tertentu. 

Berikut beberapa pengertian surat lamaran kerja: 

1. Kemdikbud menyatakan Surat lamaran kerja adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan kepada orang atau pejabat yang dapat memberikan pekerjaan atau jabatan. 

2. Melansir The Balance Careers, surat lamaran kerja berisi resume seseorang atau informasi tentang keterampilan dan pengalaman seseorang. 

3. Dalam Pedoman Lengkap Menulis Surat (2006) karya Adlan Ali dan Tanzili, surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat pencari kerja (pelamar pekerjaan) untuk dikirimkan kepada badan usaha atau instansi agar mendapat pekerjaan atau jabatan sesuai lowongan kerja yang tersedia. 

Berdasarkan pengertiannya, jelas surat lamaran kerja harus menyertakan identitas diri, tingkat pendidikan, keahlian, pengalaman, dan nomor kontak dari pelamar kerja. Seringkali, surat lamaran kerja dikirimkan bersamaan dengan curriculum vitae atau CV. 

Setiap pencari kerja wajib menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar, agar peluang diterima di perusahaan yang dituju semakin besar. Dengan demikian, dalam surat lamaran kerja, seseorang harus memperkenalkan dan mempromosikan diri secara benar, tidak berlebihan, ataupun bertele-tele.

Berikut beberapa isi surat lamaran kerja yang harus diperhatikan para pencari kerja: 

1. Isi surat lamaran kerja yang benar dan tidak bertele-tele menjadi satu poin penilaian pimpinan perusahaan, apakah seorang pelamar kerja layak diterima atau tidak. 

2. Surat lamaran kerja harus berisi penjelasan tentang kemampuan seseorang agar terpilih sebagai kandidat yang tepat untuk mengisi suatu posisi pekerjaan. 

3. Surat lamaran pekerjaan berisi kualifikasi pelamar, yaitu data pribadi pelamar yang dilengkapi lampiran-lampiran sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan atau instansi yang bersangkutan. 

Sementara struktur surat lamaran kerja adalah sebagai berikut: 

1. Bagian atas surat harus diisi tanggal dan lokasi surat lamaran kerja dibuat. contohnya: Jakarta, 31 Desember 2022 

2. Selanjutnya, jangan lupa menuliskan salam pembuka formal dalam bahasa Indonesia, misalnya “Dengan hormat”. 

3. Setelah itu, kamu bisa masuk pada kalimat pembuka surat lamaran kerja. Contohnya: Bersama ini saya ingin mengajukan lamaran berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang dipublikasikan perusahaan di media massa. 

4. Identitas diri (nama, tempat tanggal lahor, pendidikan, dan alamat) merupakan bagian selanjutnya dalam isi surat lamaran kerja yangh harus kamu buat sedemikian rupa untuk memberikan kesan menarik bagi pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja.

5. Buatlah kalimat penutup yang menunjukkan keseriusan dan kejujuran kamu dalam surat lamaran kerja, tentunya dengan menyertakan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan yang merekrut pekerja. 

Contohnya: Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya diberikan kesempatan untuk mengisi lowongan tersebut dan berkontribusi melalui potensi yang saya miliki. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

6. Salam Penutup dan tanda tangan merupakan bagian akhir dari isi surat lamaran kerja. Contohnya: Hormat saya, diikuti tanda tangan di bawahnya dan disertai nama. 

Demikian penjelasan tentang apa itu surat lamaran kerja dan isinya. Semoga bermanfaat. 

Editor : Jeanny Aipassa

Terima Kasih







Sumber