Latest Post

[Berita]Indonesia dan Thailand U-19 Masih tanpa Gol di Babak Pertama [Berita]Pemerintah Tetapkan Tarif Baru Cukai Rokok Kemenyan

JAKARTA, creacorridor.com – Kanker serviks menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang wanita. Meski demikian, risiko kanker serviks bisa diturunkan dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Kanker serviks masih menempati urutan kedua yang paling banyak dijumpai pada wanita Indonesia setelah kanker payudara. Kanker yang menyerang leher rahim ini sering telat terdeteksi dan mengancam nyawa penderitanya. Fakta menyebut, sebagian besar wanita wanita yang mengidap kanker serviks disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV).

Melansir Healthline, salah satu cara mencegah kanker serviks adalah dengan menurunkan kemungkinan terpapar virus HPV. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menerima vaksin HPV, khususnya saat Anda berusia sembilan dan 45 tahun. Tak hanya itu, hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko terpapar virus HPV yang berujung kanker serviks adalah dengan mengonsumsi makanan yang tepat.

Berikut ini beberapa makanan pencegah kanker serviks yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Wortel

Wortel memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.
Tidak hanya itu, wortel juga mengandung senyawa beta karoten dan karotenoid yang bisa membantu tubuh menangkal zat penyebab pertumbuhan sel kanker (karsinogen).

Agar dapat merasakan manfaat wortel sebagai makanan pencegah kanker serviks, Anda bisa mengonsumsinya mentah-mentah atau direbus terlebih dahulu. Hindari mengolah wortel dalam bentuk gorengan, karena dapat merusak nutrisi di dalamnya

2. Selada

Makanan pencegah kanker serviks berikutnya adalah selada. Selada diketahui memiliki kandungan flavonoid. Senyawa tersebut diduga dapat menurunkan risiko pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selada baik dikonsumsi mentah setelah dicuci bersih. Jika kurang suka dengan rasa selada, Anda bisa mendapatkan kebaikan yang serupa dengan mengonsumsi bayam.

3. Bawang Putih

Siapa sangka, bawang putih ternyata juga termasuk sebagai makanan untuk mencegah kanker serviks. Manfaat tersebut berkat kandungan flavonoid yang ada di dalam bumbu dapur tersebut. Bawang putih juga mengandung mangan, vitamin B6 dan C, serta selenium. Beberapa penelitian menunjukkan, kombinasi senyawa tersebut dapat menangkal pertumbuhan sel kanker di usus. Oleh karena itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan risiko kanker perut, usus besar, dan payudara.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga tergolong sebagai makanan pencegah kanker serviks. Hal tersebut berkat kandungan serta dan protein yang tinggi di dalamnya. Faktanya, serat dan protein pada kacang-kacangan dapat menjaga kesehatan sel-sel di dalam tubuh. Oleh karena itu, pembentukan sel kanker juga bisa diminimalkan.

Kacang juga dikenal memiliki kandungan senyawa fitokimia. Zat ini dianggap dapat memperlambat pertumbuhan tumor dan menjaga kesehatan sel sehingga tidak berubah menjadi kanker.

 

Sumber