[Berita] Tips Memilih Obat Kumur untuk Hilangkan Karang Gigi, Pakai yang Antibakteri

JAKARTA, celebriteis.id – Tips memilih obat kumur untuk hilangkan karang gigi banyak dicari netizen. Perlu diketahui, obat kumur menjadi bagian yang tidak boleh terlewat dari rutinitas sikat gigi. Selain dapat memutihkan gigi, obat kumur yang dipilih dengan tepat juga bisa menghilangkan karang gigi. 

Karang gigi muncul akibat plak yang dibiarkan menumpuk. Plak sendiri terbentuk karena sisa-sisa makanan yang tidak segera dibersihkan, khususnya makanan atau minuman yang mengandung gula, seperti kue, permen dan kandungan pati (karbohidrat). 

Plak yang terbentuk pada permukaan gigi akan menghasilkan asam yang dapat melarutkan struktur gigi. Jika dibiarkan, plak akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi.

Maka, melansir berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022), berikut cara memilih obat kumur yang tepat untuk menghilangkan karang gigi. 

Kandungan aktif antiseptik pada obat kumur dapat menghambat perkembangbiakan bakteri sehingga plak gigi tidak mudah terbentuk. Untuk menghilangkan bakteri penyebab plak dan karang gigi, membutuhkan obat kumur antibakteri yang mengandung CPC (Cetylpyridinium Chloride). 

Cetylpyridinium chloride adalah senyawa yang menurunkan kemampuan plak gigi untuk terbentuk dan menjadi matang. Ini juga berfungsi untuk mencegah bakteri penyebab penyakit gusi atau karang gigi.

Kandungan CPC dalam obat kumur anti bakteri inilah yang nantinya membantu mengurangi bakteri dan kuman penyebab karang gigi sekaligus mengurangi plak di gigi. Sehingga gigi dapat terbebas dari karang gigi dan menjadi lebih sehat. 

Selain menggunakan obat kumur agar hasilnya maksimal, harus juga dilakukan dengan rutin menggosok gigi. Karena dengan menggosok gigi dapat menghilangkan kotoran yang menempel di gigi lalu ditambahkan dengan berkumur dengan obat kumur anti bakteri dan kuman bisa menghilangkan karang gigi.

Editor : Hadits Abdillah

Terima Kasih

Dipublikasikan pada : 2022-05-14 17:46:45

Artikel Asli