[Berita] 5 Jenis Surat Tilang yang Berlaku di Indonesia, Kamu Wajib Tahu!

JAKARTA, creacorridor.com – Setiap pengendara wajib mengetahui lima jenis surat tilang yang berlaku di Indonesia. Kelimanya dibedakan berdasarkan warna, yaitu merah, biru, kuning, hijau, dan putih.

Masing-masing jenis surat tilang digunakan dalam kondisi yang berbeda-beda. Agar lebih paham, berikut ini adalah penjelasan lima jenis surat tilang yang berlaku di Indonesia, melansir dari blog Wuling, Sabtu (14/5/2022).

1. Surat Tilang Warna Merah

Jenis surat tilang yang pertama ini diberikan oleh polisi kepada pengendara bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas, salah satunya seperti tidak membawa SIM atau menerobos lampu merah.

Tilang warna merah ini diberikan untuk pelanggar yang merasa mampu hadir di pengadilan untuk mengikuti persidangan dan memberikan pembelaan saat di persidangan. Seberapa besar denda yang harus dibayar akan diputuskan pada persidangan tersebut.

2. Surat Tilang Warna Biru

Pada pelanggaran lalu lintas juga dikenakan surat tilang warna biru. Pada surat tilang ini Anda bisa langsung membayar denda pelanggaran ke bank BRI yang resmi bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Bagi Anda yang tidak punya waktu untuk datang sidang ke pengadilan, cara ini bisa menjadi pilihan yang praktis untuk memproses pembayaran.

 

Dipublikasikan pada : 2022-05-14 18:00:25

Artikel Asli