-->

Creacorridor ‒ Kumpulan Informasi Tepat Guna

Edukasi, Teknologi, Otomotif - Menyediakan konten budaya Indonesia terbaik serta berita teknologi dan otomotif terbaru | Griyawisata.com

Daftar Tarif Tol Semarang Seksi ABC Terbaru Akhir Tahun 2021

Konten [Tampil]

Salah satu jalan tol yang hanya terdapat di satu kota adalah Tol Semarang Seksi ABC. Sesuai dengan namanya, tol tersebut hanya memiliki tiga seksi, yaitu A, B, dan C. Tol ini mempermudah masyarakat dalam menjangkau wilayah Kota Semarang.

Tentang Tol Semarang Seksi ABC

Tol Semarang Seksi ABC menghubungkan Kota Semarang dari arah barat ke selatan, lalu ke timur sepanjang 24,75 km dengan waktu tempuh 30-45 menit. Satu buah rest area di sepanjang tol tersebut yaitu berada di KM 424 B arah barat yang memiliki fasilitas seperti area parkir, masjid/musala, restoran, toilet, ATM, minimarket, dan isi ulang e-Toll.

tol semarang seksi abc
tol semarang seksi abc

Tol ini merupakan bagian dari rangkaian Jalan Nasional Rute 1 atau Jalur Pantura yang berperan penting untuk menghubungkan jalan tersebut, dengan Jalan Nasional Rute 14 arah Yogyakarta dan Jalan Nasional Rute 16 arah Surakarta.

Pengoperasian Tol Semarang Seksi ABC dimulai secara bertahap dari tahun 1983 sampai 1988. Jalan tol ini terhubung dengan tiga jalan tol lain yang menuju ke luar kota, yaitu Tol Semarang-Solo, Tol Semarang-Batang, dan Tol Semarang-Demak.

Pembagian Seksi Tol Semarang Seksi ABC

  1. Seksi A (Krapyak-Jatingaleh)

Seksi A memiliki gerbang tol yang menuju ke Bandara Internasional Ahmad Yani, yaitu dari Ramp Krapyak ke arah timur dan dari Gerbang Tol 1 Krapyak ke arah utara. Selain itu, masih ada tujuh gerbang tol dan simpang susun lagi yang ada di sepanjang seksi ini.

  • Seksi B (Jatingaleh-Srondol)

Di sepanjang Seksi B juga terdapat setidaknya sembilan gerbang tol dan simpang susun.

  • Seksi C (Jangli-Kaligawe)

Tersedia lima buah gerbang tol dan simpang susun di Seksi C. Gerbang Tol Muktiharjo bisa dilewati untuk menuju ke Pelabuhan Tanjung Emas di arah utara.

Sementara itu, Ramp Kaligawe bisa untuk menuju Terminal Bus Terboyo di arah timur, Stasiun Tawang di arah barat, dan Pelabuhan Tanjung Emas di arah utara.

Transaksi dan Tarif Tol Semarang Seksi ABC

Sejak 2018, transaksi di Tol Semarang Seksi ABC menggunakan sistem pentarifan merata dengan tarif tunggal. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi titik transaksi antar seksi yang sebelumnya harus transaksi di dua titik.

Harapannya, hal tersebut dapat mengurangi waktu tempuh pengguna jalan tol. Menurut Peraturan Pemerintah Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1228/KPTS/M/2020, tarif Tol Semarang Seksi ABC adalah sebagai berikut:

Golongan KendaraanTarif
Golongan IRp 5.500,00
Golongan IIRp 8.000,00
Golongan IIIRp 8.000,00
Golongan IVRp 10.500,00
Golongan VRp 10.500,00
Tarif tol berdasar golongan

Layanan tol memiliki call center yang dapat dihubungi jika pengguna tol mengalami keadaan darurat. Nomor tersebut adalah 14080. Meski Tol Semarang Seksi ABC dari Creacorridor.com diatas tidak termasuk menjadi jalan tol yang rawan kecelakaan, Anda tetap harus berhati-hati saat melintasinya.

Author Profile

About Karinov Webmaster

Tertarik dalam dunia search marketing. Membagikan hal-hal yang bermanfaat terkait bisnis, otomotif, pariwisata, dan tips menarik lainnya.